FUNGSI DAN KEMAMPUAN CAMPURAN ASPAL

Karakteristik Campuran Aspal Beton

Karakteristik campuran yang harus dimiliki oleh campuran aspal beton campuran panas, selain Kedap air, adalah :

  1. Stabilitas
  2. Durabilitas
  3. Fleksibilitas
  4. Skid resistance (tahanan geser)
  5. Ketahanan terhadap kelelahan (fatique resistance)
  6. Kemudahan pelaksanaan (workability)

1. Stabilitas

Stabilitas lapisan perkerasan jalan adalah kemampuan lapisan perkerasan menerima beban lalu lintas tanpa terjadi perubahan bentuk tetap seperti gelombang, alur ataupun bleeding. Kebutuhan akan stabilitas setingkat dengan jumlah lalu lintas dan beban kendaraan yang akan memakai jalan tersebut. Jalan dengan volume lalu lintas tinggi dan sebagian besar merupakan kendaraan berat menuntut stabilitas yang lebih besar dibandingkan dengan jalan yang bervolume lalu lintas kendaraan penumpang saja.

Tetapi kestabilan yang terlalu tinggi menyebabkan lapisan perkerasan itu menjadi kaku dan cepat mengalami retak, disamping itu karena volume antar agregat kurang, mengakibatkan kadar aspal yang dibutuhkan pun rendah. Hal ini menghasilkan film aspal tipis dan mengakibatkan ikatan aspal mudah lepas sehingga durabilitasnya rendah Stabilitas terjadi dari hasil geseran antar butir, penguncian antar partikel dan daya ikat yang baik dari lapisan aspal. Dengan demikian stabilitas yang tinggi dapat diperoleh dengan mengusahakan penggunaan :

    • Agregat dengan gradasi yang rapat (dense graded)
    • Agregat dengan permukaan kasar.
    • Agregat berbentuk kubus
    • Aspal dengan penetrasi rendah
    • Aspal dalam jumlah yang mencukupi untuk ikatan antar butir.

a. Apa yang disebut VMA (voids in mineral aggregate) ?
VMA adalah rongga antar butir. Bila VMA kecil, akan menghasilkan stabilitas yang tinggi, tetapi membutuhkan kadar aspal yang rendah untuk mengikat agregat. VMA yang kecil mengakibatkan aspal yang dapat menyelimuti agregat terbatas dan menghasilkan film aspal yang tipis. Film aspal yang tipis mudah lepas yang mengakibatkan lapis tidak kedap air, oksidasi mudah terjadi, dan lapis perkerasan menjadi rusak.
b. Apa yang disebut VIM (voids in mix) ?
VIM adalah rongga udara dalam campuran. Pemakaian aspal yang banyak mengakibatkan aspal tidak lagi dapat menyelimuti agregat dengan baik (karena VMA kecil), dan juga menghasilkan VIM yang kecil (rongga udara di campuran yang kecil). Adanya beban lalu lintas yang menambah pemadatan lapisan perkerasan mengakibatkan lapisan aspal meleleh keluar yang dinamakan bleeding.

2. Durabilitas (keawetan / daya tahan)

Durabilitas diperlukan pada lapisan permukaan (surface dressing) agar lapisan mampu menahan keausan akibat pengaruh cuaca, air dan perubahan suhu ataupun keausan akibat gesekan kendaraan. Faktor yang mempengaruhi durabilitas lapis aspal beton adalah :

  • Film aspal atau selimut aspal, film aspal yang tebal dapat menghasilkan lapis aspal beton yang berdurabilitas tinggi, tetapi kemungkinan terjadinya bleeding menjadi tinggi.
  • VIM kecil sehingga lapis kedap air dan udara tidak masuk kedalam campuran yang menyebabkan terjadinya oksidasi dan aspal menjadi rapuh/getas.
  • VMA besar, sehingga film aspal dapat dibuat tebal. Jika VMA dan VIM kecil serta kadar aspal tinggi kemungkinan terjadinya bleeding besar. Untuk mencapai VMA yang besar ini dipergunakan agregat bergradasi senjang.

3. Fleksibilitas (kelenturan)

Fleksibilitas pada lapisan perkerasan adalah kemampuan lapisan untuk dapat mengikuti deformasi yang terjadi akibat beban lalu lintas berulang tanpa timbulnya retak dan perubahan volume. Fleksibilitas yang tinggi dapat diperoleh dengan :

  •  Penggunaan agregat bergradasi senjang sehingga diperoleh VMA yang besar.
  • Penggunaan aspal lunak (aspal dengan penetrasi yang tinggi)
  • Penggunaan aspal yang cukup banyak sehingga diperoleh VIM yang kecil.

4. Skid resistance (tahanan geser / kekesatan)

Tahanan geser adalah kekesatan yang diberikan oleh perkerasan sehingga kendaraan tidak mengalami slip baik diwaktu hujan atau basah maupun diwaktu kering. Kekesatan dinyatakan dengan koefisien gesek antar permukaan jalan dan ban kendaraan. Tahanan geser tinggi, jika :

  • Penggunaan kadar aspal yang tepat sehingga tak terjadi bleeding.
  • Penggunaan agregat dengan permukaan kasar.
  • Penggunaan agregat berbentuk kubus.
  • Penggunaan agregat kasar yang cukup.

5. Ketahanan terhadap kelelahan (fatique resistance)

Ketahanan terhadap kelelahan adalah ketahanan lapis aspal beton dalam menerima beban berulang tanpa terjadinya kelelahan yang berupa alur (ruting) dan retak. Faktor yang mempengaruhi ketahanan terhadap kelelahan adalah :

  • VIM yang tinggi dan kadar aspal yang rendah akan mengakibatkan kelelahan yang lebih cepat.
  • VMA yang tinggi dan kadar aspal yang tinggi dapat mengakibatkan lapis perkerasan menjadi fleksibel.

6. Kemudahan pelaksanaan (workability)

Yang dimaksud dengan kemudahan pelaksanaan adalah mudahnya suatu campuran untuk dihampar dan dipadatkan sehingga diperoleh hasil yang memenuhi kepadatan yang diharapkan. Faktor yang mempengaruhi kemudahan dalam pelaksanaan adalah :

  • Gradasi agregat. Agregat bergradasi baik lebih mudah dilaksanakan daripada agregat bergradasi lain.
  • Temperatur campuran, yang ikut mempengaruhi kekerasan bahan pengikat yang bersifat termoplastis.
  • Kandungan bahan pengisi (filler) yang tinggi menyebabkan pelaksanaan lebih sukar.

Kami Memberikan Layanan Terbaik Dalam Konstruksi

Solusi Untuk Konstruksi Anda

Kirim Chat
Chat With Us!
Segera hubungi kami mengenai info lengkap dan penawaran!

Powered by PT. Taruna Karya Sejati Official